TUGAS
KULIAH
Usaha
Laundry Clean N Clear Bagus
Kota
Banjarbaru
Oleh :
JURUSAN AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
2015
DAFTAR ISI
Sampul Depan ............................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah .......................................................
1.2. Rumusan Masalah ................................................................
1.3. Tujuan Penelitian .................................................................
BAB II PROFIL
PERUSAHAAN
2.1. Data
Perusahaan.....................................................................
2.2. Biodata
Pemilik......................................................................
2.3. Struktur
Organisasi................................................................
2.4. Aspek
Pasar Dan Pemasaran.................................................
2.5. Strategi
Pemasaran.............................................................. ..
2.6. Analisis
Pesaing............................................................... .....
2.7. Aspek
Produksi................................................................ .....
2.8. Analisis
SDM........................................................................
2.9. Rencana
Pengembangan Usaha............................................
2.10. Pemanfaatan
IT...................................................................
2.11. Analisis
Keuangan........................................................... ...
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan ................................................................... .......
3.2. Tindak Lanjut .............................................................. ........
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pada zaman serba instan ini,
kebutuhan akan jasa pencucian pakaian cepat, bersih dan rapi mulai memegang
peran penting di masyarakat, terutama di musim penghujan, ketika kebanyakan
rumah tangga akan sangat sulit untuk mencuci dan menjemur di saat jarang
terdapat matahari. Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha pencucian
pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan kepuasan
kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang
baik juga dapat memberikan citra
yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi
kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud.
Clean N Clear Bagus adalah
usaha yang bergerak dalam bidang jasa laundry atau mencuci pakaian. Produk yang
ditawarkan oleh usaha ini berupa jasa mencuci pakaian, pengeringan pakaian dan
menyetrika pakaian. Konsumennya pun boleh di bilang cukup besar karena target
market yang di sasar adalah mahasiswa, pelajar, karyawan ataupun pekerja yang
memiliki banyak aktifitas sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri pakainnya.
Sebagai rencana pengembangan jasa laundry, maka kegiatan marketing sangat perlu
di rencanakan dengan baik agar menjadi efektifitas dan efisien. Perencanaan ini
mengupayakan agar jasa pencucian pakaian (laundry)
yang ditawarkan itu dapat diterima pasar. Brand
awareness merupakan salah satu elemen yang perlu dibangun untuk menciptakan
kesadaran konsumen akan jasa laundry yang ditawarkan.
Seiring dengan meningkatnya
rutinitas hidup terutama di masyarakat metropolitan yang semakin sibuk dengan
urusan kantor dan kegiatan lainnya, banyak bisnis dengan menggunakan sistem
agensi yang bisa memberikan layanan dengan harga terjangkau. Layanan yang
dulunya diperuntukan untuk masyarakat golongan atas, sekarang bisa dinikmati
oleh semua masyarakat. Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan
mengakibatkan tiap masyarakat tidak memiliki banyak waktu luang sehingga tenaga
pun terbatas. Bagi masyarakat dinamis yang tinggal di kota besar cenderung
menyerahkan pekerjaan rumahnya dengan mangandalkan beberapa Jasa. Bukan karena
mereka malas, tapi mereka memprioritaskan pekerjaan yang bisa sendiri untuk
dilakukan menyangkut faktor tenaga, waktu dan kebutuhan financial. Masalahnya
jika tidak memiliki waktu, apalagi bagi banyak mahasiswa yang hidup nge-kost
dan harus sambil bekerja juga, karyawan/karyawati yang waktunya banyak
dihabiskan dikantor full time, untuk urusan makan bisa pesan cetering tapi
bagaimana dengan mencuci pakaian. Tiap manusia pasti ingin bersih, rapi, bagus,
dan nyaman. Biasanya urusan cuci mencuci menjadi terbengkalai sehingga
kebanyakak akan menggunakan jasa laundry kiloan yang dibayar berdasarkan
hitungan kilogram. Belum sesudah/selesai mencuci, masih ada tugas lain yang
menunggu seperti menjemur, menyetrika dan menyimpan dalam lemari masing-masing,
apalagi pekerjaan rumah lainnya yang harus mendapat perhatian juga. Belum waktu
untuk istirahat/memanjakan diri sendiri dari aktivitas yang telah berlangsung
sebelumnya. Karena itu, mencuci di laundry sudah menjadi trend bagi sebagian
gaya hidup masyarakat. Usaha yang menawarkan jasa laundry dengan sistem kiloan
semakin lama semakin tinggi dan banyak. Bisnis laundry kiloan yang semakin
menjamur memiliki prospek bisnis yang cukup menarik. Bisnis laundry atau yang
dikenal dengan cuci-setrika banyak terdapat di rumah kontrakan dekat dengan
pemukiman penduduk, dekat dengan komplek perumahan, asrama atau kos-kosan
bahkan ada yang terdapat di warung/ toko yang menawarkan jasa tersebut. Yang
menjadikan laundry kiloan ini special ialah harga jual jasa yang terjangkau, kualitas
baik, efektif, efisien, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen
(tidak dicampur), layanan antar, tempat usaha yang mudah dijangkau konsumen,
memiliki penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen,
serta memberikan layanan one day service (satu hari selesai).
Sebelum usaha ini didirikan,
telah dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang peluang dan market yang ada.
Lewat informasi yang telah didapat tersebut, maka dapat dilihat siapakah
konsumen potensial dari usaha ini dan bagaimana cara memuaskan konsumen
tersebut.
Dalam usaha ini Clean N Clear
Bagus menargetkan pasar pada mahasiswa, pelajar, keluarga muda, karyawan dan
masyarakat di jalan Guntung Paikat, Kemuning dan sekitarnya. Pesaing yang akan
dihadapi oleh Clean N Clear Bagus adalah perusahaan-perusahaan jasa laundry
lainnya. Dalam menghadapi para pesaingnya, Clean N Clear Bagus telah menyiapkan
strategi khusus, yaitu dengan harga jual jasa yang terjangkau, kualitas baik,
efektif, efisien, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak
dicampur), layanan antar, tempat usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki
penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta
memberikan layanan one day service (satu hari selesai).
Modal yang akan dibutuhkan
dalam menjalankan bisnis Clean N Clear Bagus ini adalah berkisar antara Rp. 16.744.000 dengan
memiliki kebutuhan investasi sekitar Rp. 22.465.000, Investasi akan dikembalikan dalam jangka waktu sekitar 6
bulan sampai 1 tahun yang akan datang. Susunan kepemilikan modal saat ini
adalah terdapat 3 orang staf, yang terdiri dari 1 untuk bagian administrasi,
dan 2 karyawan yang memiliki peranan yang penting dalam menjalankan usaha ini
yaitu sebagai tenaga operasional mesin cuci dan tenaga operasional sterika dan
ditambah 1 karyawan sebagai tenaga pemasar yang sekaligus berperan sebgai
karyawan antar jemput.
Untuk meningkatkan
produktivitas karyawan direncanakan program pelatihan dan pengembangan secara
berkala tiap tahun. Di sisi lain untuk membuat karyawan bertahan untuk bekerja,
dirancang sistem kompensasi yang memadai. Dengan demikian, diperkirakan tidak
ada karyawan yang keluar dalam perencanaan lima tahun beroperasinya Clean N
Clear Bagus dan karyawan yang bekerja
akan makin ahli sehingga bekerja
makin cepat dengan
kualitas yang makin meningkat
sehingga meningkatkan tingkat produktivitas. Saya yakin bisnis Clean N Clear
Bagus ini akan berkembang dan sukses ke masa yang akan datang.
Saat ini, bisnis laundry kiloan
tidak sulit lagi ditemukan. Bisnis ini biasanya memilih lokasi di daerah yang
banyak terdapat rumah kos atau rumah kontrakan mahasiswa ataupun karyawan.
Setiap bisnis laundry menawarkan harga dan penawaran yang menarik, serta
memberikan kualitas yang terbaik kepada konsumennya.
Dari uraian di atas, dapat kita
lihat bahwa trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup
masyarakat, selain dapat meringankan pekerjaan cuci dan setrika, usaha laundry
juga memberikan kualitas yang baik dengan harga terjangkau. Dengan melihat
manfaat dari usaha laundry ini bagi sebagian masyarakat, maka penulis ingin
membuat suatu perencanaan bisnis jasa dalam sebuah tugas akhir dengan judul “Perencanaan Bisnis Usaha Laundry Clean N
Clear Bagus Kota Banjarbaru”
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang
telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan program usaha Clean
N Clear Bagus terkait dengan latar belakang masalah, adalah sebagai berikut :
1. Apakah usaha Usaha Laundry Clean
N Clear Bagus merupakan usaha yang menguntungkan ?.
2. Kapankah usaha Usaha Laundry Clean N Clear Bagus mencapai titik impas ?.
3. Bagaimana saluran pemasaran Usaha Laundry Clean N Clear Bagus ?.
1.3.
Tujuan Program Usaha Clean N Clear Bagus
Tujuan dari perencanaan bisnis Laundry Clean N Clear Bagus adalah untuk
mengetahui lebih jelas perencanaan bisnis yang baik sebelum memulai usaha dan
mempersiapkan semua yang diperlukan untuk pencapaian usaha bisnis yang
diinginkan sejak awal.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1. DATA PERUSAHAAN
1. Nama Perusahaan : Clean N Clear Bagus
2. Bidang Usaha : Pelayanan Jasa
3. Jenis Jasa : Layanan Cuci dan Setrika Pakaian
4. Alamat Perusahaan : Jl. Guntung Paikat Kota Bajarbaru
5. Nomor telepon :
085352211165
7. Bank Perusahaan : Bank Mandiri
8. Mulai Berdiri : 4 Januari 2014
2.2. BIODATA PEMILIK
1. Nama : DEVYANTI RAMADHANI
2. Jabatan : Pemilik
Usaha
3. Tempat dan Tanggal Lahir : Banjarbaru,
28 Februari 1995
4. Alamat Rumah : Jl. Guntung Paikat Kota
Bajarbaru
5. Nomor Telepon : 085352211165
6. Alamat Email : Bagusnet@gmail.com
7. Pendidikan Terakhir : Diploma
III
2.3. STRUKTUR ORGANISASI
Diperlukan tenaga 1 orang
pekerja di tempat penerima cucian merangkap Admistrasi, 2 orang pekerja operasional
yang di tempat pencucian, 1 orang untuk mencuci, dan 1 orang lagi untuk setrika
pakaian dan 1 orang tenaga pemasaran sekaligus sebagai petugas antar jemput.
Job Description (Deskripsi Pekerjaaan) :
1. Bagian administrasi (kasir)
bertugas menerima pakaian yang ingin dicuci dan disetrika, menimbang dan
membuat nota pembayaran. Jika konsumen membayar lunas di muka, maka nota
tersebut dicap “Lunas”, tetapi jika konsumen belum membayar, maka pembayaran
dapat dilakukan pada saat pengambilan cucian.
2. Bagian keuangan bertugas
menentukan prosedur penetapan dan perhitungan pembelian bahan baku serta
membuat neraca dan laporan laba rugi.
3. Bagian operasional bertugas
mencuci dan menyetrika pakaian. Setelah pakaian telah dicuci dan disetrika,
kemudian bertugas mengemasi pakaian tersebut sesuai nomor urut dan jumlah
pakaian.
4. Bagian pemasaran bertugas untuk
mempromosikan usaha.
2.4. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.4.1. Jasa yang Dihasilkan
1.
Jasa Cuci dan Kering
Menyediakan layanan jasa
menyuci dan mengeringkan pakaian. Untuk jasa menyuci dan mengeringkan ini di
kenakan biaya Rp. 5000/kg. Dengan metode-metode pencucian yang baik, seperti :
a.
Memilih pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Clean N
Clear Bagus tidak menggabungkan pakaian yang berlumpur dengan baju-baju yang di
pakai sehari-hari karena pakaian yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.
b.
Tidak merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu
lama lebih dari satu jam di dalam larutan detrjen agar tidak rusak.
c.
Apabila kami menerima baju bekas/second yang pernah dipakai orang lain
maka kami cuci pakaian tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar
penyakit-penyakit yang menempel di baju tersebut dapat bersih.
d.
Pada bilasan terakhir, Laundry kami biasanya menggunakan cairan pelembut
dan pewangi pakaian untuk hasil pencucian yang terbaik.
2.
Jasa Cuci, Kering dan Setrika
Menyediakan layanan jasa
mencuci, mengeringkan dan menyetrika. Dikenakan biaya Rp 6000/kg untuk jasa
cuci, kering dan setrika ini. Untuk jasa setrika, Clean N Clear Bagus akan
memberikan pelayanan yang terbaik seperti:
a.
Menggu nakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus,
tidak kusut dan harum baunya.
b.
Untuk kaos dan pakaian lain yang ada sablon, disetrika setelah di balik
dimana yang tersetrika adalah bagian sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak
ngelotok, rusak atau luntur terkena suhu panas.
c.
Menyetrika baju sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan
pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Mempelajari suhu-suhu
yang perlu di atur untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.
3.
Layanan Antar Jemput
Clean N Clear Bagus juga
menyediakan jasa layanan antar jemput untuk memudahkan pelanggannya. Untuk jasa
ini dikenakan biaya sebesar Rp. 3000.
4.
Fasilitas kupon untuk Konsumen yang sering Menggunakan Layanan
Dyscha Laundry menyediakan
jasa fasilitas kupon
bonus untuk konsumen yang sering
menggunakan layanan laundry kami. Konsumen yang
sudah memiliki 10
kupon, akan di
berikan potongan dalam menggu nakan jasa-jasa yang kami
tawarkan.
2.4.2. Keunggulan Produk
1.
Tempat yang nyaman dan nyaman.
2.
Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
3.
Harga terjangkau.
4.
Menggu nakan bahan-bahan yang
tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
5.
Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses
pencucian, proses pengeringan dan proses setrika.
6.
Tersedia setrika uap
yang dapat digunakan
untuk menyetrika pakaian dari
bahan khusus.
7.
Sabun bermutu baik.
8.
Menggunakan pewangi pakaian tahan lama.
9.
Cucian tidak di campur dengan orang lain.
10. Control terhadap kepemilikkan
baju yang baik, sehinngga tidak ada baju yang hilang.
11. Perawatan warna baju yanga
baik.
12. Diskon untuk 10 kali cuci.
13. Layanan antar jemput.
2.4.3. Gambaran Pasar
Bisnis laundry dari jenis yang paling
sederhana dikenal dengan cuci-setrika. Bisnis ini biasanya menjamur di daerah
yang banyak terdapat kos-kosan atau rumah kontrakkan, dimana penyewa kos atau
kontrakkan tak sempat atau tak bias melakukan cuci dan setrika baju sendiri.
Biasanya ini di kerjakan oleh pembantu atau panjaga kos-kosan itu.
Dalam kurun waktu beberapa
tahun terkhir juga menjamur bisnis sejenis yang menggunakan waralaba lokal dan
sistem agensi yang bisa memberikan layanan dengan harga lebih terjangkau.
Layanan, yang tadinya hanya di peruntukkan bagi masyarakat kelas atas, kini
bias dinikmati masyarakat kelas menengah kebawah.
Tak berhenti sampai di situ,
kombinasi antar layanan murah dengan layanan cuci-setrika tadi berkembang lebih
kreatif lagi dengan munculnya Laundry kiloan. Yaitu laundry biasa, tapi dengan
harga yang dibayarkan berdasarkan hitungan kilogram (bukan per potong pakaian).
Banyak orang di kota besar yang tidak bias membagi waktunya untuk mencuci
pakaiannya sendiri, rasanya sangat sedikit. Karena mereka umumnya sejak pagi
sudah bergelut dengan pekerjaannya ataupun kuliah, pulang larut malam, dan
hanya ada satu dibenak pikiran yaitu istirahat.
Masyarakat merasa sangat
terbantu oleh jasa Laundry tersebut. Tinggal taruh barang, dua atau tiga hari
kemudian bisa di ambil dalam keadaan sudah disetrika rapi. Lebih praktis, tidak
repot dan murah. Pakaian pun siap di pakai.
Laundry juga sangat membantu
warga yang bersiap ditinggal mudik
pembantu. Banyak warga mulai mencari-cari Laundry yang tetap buka saat lebaran.
Selain itu, Laundry juga banyak menerima cucian bagi anak kos khususnya para
mahasiswa, karena dirasa harga laundry kiloan murah dan sangat terjangkau untuk
kantong mahasiswa. Berdasarkan keterangan di atas kami yakin bahwa bisnis akan
memiliki prospek yang jelas.
Ditinjau dari jumlah penduduk
terhadap aktivitas mereka di luar rumah, maka kami optimis bahwa bisnis laundry
yang akan dijalankan akan berhasil. Apalagi dengan adanya usaha laundry ini
akan membantu pekerjaan cuci dan setrika pakaian bagi mereka yang selalu sibuk
beraktivitas di luar rumah.
Estimasi proyeksi permintaan
konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang dengan fungsi kenaikan x %
per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk, yaitu bertambahnya jumlah mahasiswa,
pelajar, dan karyawan yang tinggal di daerah Jl. Guntung Paikat, Kemuning dan
sekitarnya.
Pada tabel di atas, estimasi
proyeksi permintaan konsumen naik sebesar 25% setiap bulan dengan estimasi 300
kg pada bulan pertama, sehingga dalam 1 tahun, yaitu pada tahun 2014, jumlah
perkiraan permintaan sebesar 12.770 kg dan untuk perkiraan permintaan tahun
selanjutnya, estimasi kenaikan permintaan juga dihitung sebesar 25 % / tahun.
2.4.4. Target atau Segmen Pasar yang Dituju
Segmen pasar terdiri dari
kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Dengan
mengetahui dan mengenali segmen pemasar, maka akan lebih mudah untuk memuaskan
keinginan target. Secara umum target market dari laundry ini adalah masyarakat Kota
Banjarbaru yang berdomisili di jalan Guntung Paikat, Kemuning dan sekitarnya.
Orang-orang yang berusia 16-45 tahun, para pelajar atau mahasiswa, pasangan
rumah tangga baru, yang berpenghasilan Rp. 700.000-Rp. 5.000.000 per bulan.
Pergeseran gaya hidup serta
tuntutan kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagaian besar masyarakat Banjarbaru
menjadi keluarga super sibuk. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun
istri dituntut memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan sebagian besar
waktunya pada aktifitas di luar rumah. Hal itu tidak ayal menyebabkan
beberapa urusan di dalam rumah kurang menjadi perhatian karena setelah lelah
seharian bekerja yang terpikir sesampai di rumah adalah istirahat. Pekerjaan
mencuci dan menyetrika baju misalnya, kerap kali menjadi urusan yang merepotkan
sehingga butuh orang lain sebab mau tidak mau penampilan yang bersih dan trendy
diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan.
Maka tidak salah apabila
laundry merupakan salah satu bisnis jasa yang pasti akan terus berkembang.
Tidak hanya di Banjarbaru, di kota-kota besar lainnya pun, pasarnya cukup
menggiurkan. Secara garis besar, saat ini berkembang dua jenis binatu
berdasarkan model penghitungan biaya. Yang terlebih dahulu ada yakni
berdasarkan jumlah pakaian per potong, kemudian menyusul model laundry dengan
menghitung berat cucian atau laundry kiloan yang belakangan mulai marak.
Sebelum usaha ini didirikan, telah dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang
peluang dan market yang ada. Lewat informasi yang didapat
tersebut, maka dapat dilihat siapakah konsumen potensial dari usaha ini dan
bagaimana cara memuaskan konsumen tersebut.
Target pasar dari usaha ini
terutama masyarakat yang ada disekitar tempat usaha dan pengembangan
selanjutnya ke daerah-daerah potensial, jika diidentifikasi maka segmen dari
usaha ini antara lain :
1.
Mahasiswa yang tinggal di daerah Jl. Guntung Paikat, Kemuning dan
sekitarnya
2.
Pelajar/Mahasiswa
3.
Keluarga Muda.
4.
Para pekerja swasta.
5.
Masyarakat (PNS/Tentara/dl).
Analisis tentang target market
dari laundry ini melalui aspek geografis dan demografis :
1.
Geografis
a.
Mahasiswa yang bertempat tinggal di daerah Jl. Guntung Paikat, Kemuning
dan sekitarnya.
b.
Pelajar yang bertempat tinggal di daerah Jl. Guntung Paikat, Kemuning
maupun daerah sekitarnya.
c.
Para pekerja muda yang sibuk dengan aktifitas kerja.
d.
Para keluarga muda yang suami dan istri sibuk dengan kegiatan
masing-masing.
e.
Masyarakat Banjarbaru yang bertempat tinggal di Kota Banjarbaru pada
umumnya, namun khususnya bertempat tinggal di Guntung Paikat dan Kemuning.
2.
Demografis
a. Mahasiswa baik pria maupun wanita.
b.
Pelajar baik pria maupun wanita.
c.
Masyrakat Banjarbaru yang berprofesi sebagai karyawan dan PNS/TNI/POLRI
dll.
d.
Umur antara 16-45 tahun. Pada usia tersebut, para mahasiswa dan pelajar
akan mulai berbagai aktifitas perkuliahan dan kemahasiswaan yang sangat tidak
memiliki waktu untuk mencuci sendiri pakaian mereka. Sedangkan untuk para
karywan maupun pekerja, karena kesibukkan mereka
2.4.5. Trend Perkembangan Pasar
Hampir seluruh perusahaan
ataupun bidang usaha sangat terkait atau di pengaruhi oleh tiga hal dalam
prospek kedepannya, demikian juga Clean N Clear Bagus. Ketiga hal tersebut
anatara lain :
1.
Pertumbuhan Ekonomi
Ketika pertumbuhan ekonomi
membaik maka tingkat pendapatan masyarakat akan lebih membaik, sehingga
permintaan masyarakat terhadap jasa laundry ini akan lebih tinggi.
2.
Inflasi
Inflasi adalah peningkatan
harga umum dari barang dan jasa dalam periode waktu tertentu. Inflasi dapat
mempengaruhi biaya operasi perusahaan yang menghasilkan produk karena naiknya
biaya barang pasokan dan bahan baku. Gaji juga dipengaruhi oleh inflasi.
Tingkat inflasi yang lebih
tinggi akan mengakibatkan
lebih tingginya biaya operasi perusahaan. Akibatnya
perusahaan akan menaikkan harga pokok penjualan. Naiknya harga biasanya diikuti
dengan turunnya permintaan terhadap harga pokok tersebut. Berarti, trend penjualan akan menurun.
3.
Tingkat Suku Bunga
Kondisi ini mewakili biaya
meminjam uang. Perubahan dalam tingkat suku bunga di pasar dapat mempengaruhi
biaya bunga perusahaan karena bunga pinjaman yang diminta oleh bank komersial
atau kreditor berdasarkan tingkat suku bunga pasar. Karena tingkat suku bunga
mempengaruhi biaya pendanaan, maka beberapa proyek yang dipandang layak pada
periode suku bunga rendah, mungkin akan menjadi tidak layak pada periode suku
bunga tinggi. Misalnya, Bisnis Laundry Clean N Clear Bagus ini akan
menghentikan ekspansi pasar untuk membuka kantor cabang di berbagai daerah
karena naiknya tingkat pinjaman suku bunga.
Ketika pertumbuhan ekonomi
membaik maka tingkat pendapatan masyarakat akan lebih membaik, sehingga
permintaan masyarakat terhadap jasa laundry ini lebih tinggi.
2.5.
STRATEGI PEMASARAN
2.5.1.
Strategi Produk
Bisnis Laundry ini di didirikan karena alasan tuntutan zaman yang serba
instan, kebutuhan akan jasa pencucian pakaian cepat, bersih dan rapi mulai
memegang peran penting di masyarakat, terutama di musim penghujan, ketika
kebanyakan rumah tangga akan sangat sulit untuk mencuci dan menjemur di saat
jarang terdapat matahari. Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha pencucian pakaian atau
laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan kepuasan kepada konsumen.
Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan citra yang baik pada usaha
laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi kehandalan,
keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang pemasaran,
pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi
suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat
tidak berwujud, maka
setiap orang yang
mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap produk
yang sama. Untuk itulah kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang
terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan
konsumen.
2.5.2.
Strategi Penetapan Harga
Dalam menentukan harga salah
satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang merujuk pada target pasar dan
pesaing. Target pasar kami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang
terbatas.
Adapun jumlah pesaing dalam
bisnis yang serupa di sekitar lokasi usaha kami cukup banyak, sehingga dalam
penetapan harga Laundry Clean N Clear Bagus tidak menentukan pada harga yang
tinggi.
Untuk jenis pakaian (termasuk
kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Clean N Clear
Bagus menetapkan harga Rp. 6000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non
pakaian yang membutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda. Adapun harga-
harga untuk layanan cuci dan setrika non pakaian adalah:
Bisnis Laundry Clean N Clear
Bagus memilih tempat yang berada di daerah pemukiman penduduk, seperti di
daerah rumah kos atau rumah kontrakan.
2.5.3.
Strategi Distribusi (Lokasi)
Bisnis Laundry Clean N Clear Bagus memilih tempat yang berada di daerah
pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah kos atau rumah kontrakan.
2.5.4.
Strategi Promosi
Perusahaan akan melakukan
strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang
disampaikan bersifat informative advertising. Metode yang paling sederhana
dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.
Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas
penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi yang lain adalah melalui
median promosi, seperti:
1.
Dengan selebaran ataun flyer, iklan murah dan dapat dilakukan untuk
member informasi terhadap calon konsumen.
2.
Dengan media banner yang akan di letakkan di berbagai tempat strategis
yang tentunya pesan atau isinya dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
3.
Poster akan di tempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon
konsumen.
4.
Spanduk akan di letakkan pada tempat-tempat yang dinilai efektif dalam
menyampaikan pesan yang akan terkandung di dalamnya.
5.
Koran yang dipilih adalah Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar
yang akan dicapai oleh perusahaan.
6. Radio. Media radio ini adalah salah satu media informasi yang cukup
informatif untuk mencapai calon konsumen.
Melalui media-media komunikasi
dan special offers (tawaran- tawaran
spesial) tersebut, perusahaan berharap informasi-informasi yang disampaikan
akan dapat ditangkap oleh calon konsumen. Dengan melakukan promosi di
media-media iklan tersebut perusahaan juga bertujuan untuk menciptakan brand
awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan
kembali suatu merek) dan memperkenalkan produk.
2.6. ANALISIS PESAING
Pesaing (competitor) merupakan faktor penting dalam menyusun keberhasilan
pemasaran kadang kala kita merasa bahwa produk/jasa yang kita ciptakan sudah
baik, akan tetapi perusahaan lain mungkin menciptakan produk yang lebih baik.
Apalagi pada era copycat ini orang tinggal gampang meniru dan membuat produk
dengan lebih baik serta lebih murah dari produk yang di tirunya.
Persaingan dalam usaha ini
memang sudah sangat ramai, baik oleh laundry-laundry kecil hingga
laundry-laundry yang bisa dikatakan sudah cukup besar dan memiliki nama. Dengan
berbekalkan pelayanan yang baik serta harga layanan yang terjangkau, usaha ini
diyakini dapat memiliki market growth yang tinggi. Terlebih potensi pasar untuk
jasa laundry ini sangat besar sehingga dengan memberikan layanan yang baik,
konsumen potensial akan didapatkan dan meningkatkan tingkat pertumbuhan pasar
dari laundry ini.
2.7. ASPEK PRODUKSI
1. Bahan Baku
Tahap-tahap proses kerja pada
bisnis laundry ini adalah sebagai berikut:
a.
Penerimaan cucian kotor, meliputi: penimbangan dan penandaan cucian.
b.
Pemilihan jenis pakaian yaitu memisahkan pakaian putih dan bukan, pakaian
bernoda berat yang memerlukan proses penghilangan noda khusus atau dengan
menggunakan mesin spotting.
c.
Proses pembersihan noda (spotting
laundry processing) pada bagian kerah kemeja atau lengan bawah (ketiak) dan
pada noda-noda khusus, seperti: noda oli, noda darah, noda tinta, dll.
d.
Proses pencucian dengan menggunakan deterjen.
e.
Proses pelembutan dengan menggunakan softener.
f.
Proses pengeringan menggunakan mesin pengering pakaian.
g.
Proses penyetrikaan menggunakan setrika uap dan untuk pakaian yang
berbahan khusus, seperti kain sutra, proses penyetrikaannya menggunakan mesin
steamer.
h.
Proses finishing, pada tahapan ini pakaian yang telah selesai dicuci dan
disetrika diberikan pewangi khusus laundry. Kemudian dikemas menggunakan
plastik kemasan agar tetap rapi dan wangi hingga diambil oleh konsumen.
Kemudian, cucian bersih yang telah selesai dikemas tersebut disimpan di lemari
penyimpanan untuk memudahkan
pengambilan.
2. Bahan Baku
3. Peralatan
4. Perlengkapan
2.8. ANALISIS SDM
2.8.1. Kompetensi SDM
Kompetensi adalah ciri-ciri
yang harus dimiliki oleh seseorang, sehingga dia dapat mencapai performansi
prima dalam suatu bidang pekerjaan, jadi anda dapat menelusuri untuk bidang
pekerjaan anda, karakteristik apakah yang diperlukan agar dapat mencapai
prestasi. Misalnya, untuk bidang marketing, kemampuan untuk mempersuasi
pelanggan. Untuk bidang keuangan, kemampuan membaca dan menganalisis laporan
keuangan, dsb.
Adapun perencanaan Sumber
Daya Manusia Laundry
Clean n Clear Eva meliputi aktivitas :
1. Job Analysis
(analisis jabatan)
Job Analysis adalah proses
untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan
suatu jabatan. Dengan kata lain, analisis jabatan dapat diartikan sebagai suatu
proses yang sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis data dan informasi
suatu jabatan.
2. Penarikan (recruitment)
Penarikan (recruitment) adalah upaya mencari calon karyawan yang memenuhi
syarat tertentu, sehingga perusahaan dapat memilih orang- orang yang paling
tepat untuk mengisi lowongan yang ada.
3. Pelatihan dan Pengembangan
Bagi pelamar yang lulus
seleksi, tetapi belum memiliki pengalaman kerja, sebelum ditempatkan, terlebih
dahulu perlu diberikan pelatihan. Untuk meningkatkan produktivitas karyawan
direncanakan program pelatihan dan
pengembangan secara berkala tiap tahun.
4. Kompensasi
Kompensasi merupakan imbalan
yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Kompensasi
penting diperhatikan oleh organisasi dalam rangka mempertahankan sumber daya
yang professional dan berkualitas. Dengan demikian, diperkirakan tidak ada karyawan
yang keluar dalam perencanaan lima tahun beroperasinya Laundry Clean N Clear
Bagus dan kualitas karyawan yang bekerja makin meningkat, sehingga meningkatkan
tingkat produktivitas.
2.8.2. Analisis Kebutuhan Pengembangan SDM
Untuk menciptakan kadar profesionalitas
dalam melaksanakan misi perusahaan adalah tersedianya sumber daya manusia yang
andal, pekerjaan yang terprogram dengan baik, dan waktu yang tersedia untuk
melaksanakan program tersebut serta adanya dukungan dana yang memadai.
Sedangkan, bagi seorang pimpinan yang profesional dituntut persyaratan, antara
lain: mengelola seluruh potensi yang dimiliki oleh sumber daya yang tersedia
(atau meningkatkan keandalan staf), bisa menempatkan staf sesuai dengan
keterampilan dan keahlian (sehingga menghasilkan kinerja
yang sinergis), dan mempunyai
sikap disiplin terhadap waktu yang telah
ditetapkan sebagai batas penyelesaian serta prioritas sebuah program, serta
memberikan peluang bagi sistem untuk meningkatkan kesejahteraan.
2.9. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Setelah menjelaskan
aspek pasar, produksi
serta analisis SDM,
langkah selanjutnya adalah rencana pengembangan usaha.
1. Strategi Produksi
Produk utama kami adalah jasa
pencucian (laundry). Tidak seperti jasa pencucian pada umumnya, laundry umumnya
menggunakan mesin, dimana mencuci dengan menggunakan mesin sering sekali
mendapatkan keluhan karena kebersihannya, rusaknya warna dan bahan. Oleh karena
itu, kami menawarkan jasa pencucian yang berbeda. Jasa pencucian kami
menggunakan tenaga manusia terlatih untuk mencucinya, menjaga dan merawat bahan
dan warna bahan, menjamin kebersihan hasil pencucian. Setelah pakaian dicuci
kemudian jasa setrika juga disediakan sampai pakaian siap pakai. Selain jasa
tersebut diatas, perusahaan juga memberikan fasilitas tambahan untuk antar jemput
pakaian (delivery) dan service cepat (one day service). Produk layanan utama
dan layanan tambahan diyakini dapat meningkatkan nilai produk terhadap
konsumen.
2. Strategi Organisasi dan SDM
Laundry Clean N Clear Bagus
akan melakukan perluasan usaha dan meningkatkan kuantitas ataupun kualitas
sumber daya manusia dengan tujuan agar mempunyai kompetensi yang lebih baik.
3. Strategi Marketing
Strategi adalah suatu rencana
untuk mencapai tujuan organisasi. Jasa laundry ini mempunyai strategi
diferensiasi, dimana pelayanan jasa akan berkonsentrasi untuk mencapai kinerja
yang terbaik dalam memberikan manfaat bagi pelanggan. Sasaran utama dari
marketing ini adalah memperkenalkan kepada konsumen tentang jasa laundry yang
menggunakan cara tradisional (manual) tetapi professional. Dalam upaya
marketing ini, diusahakan untuk meyakinkan konsumen bahwa jasa ini
benar-benar berkualitas dan
mereka dapat menerima.Untuk mencapai sasaran itu, maka perusahaan
melakukan strategi untuk meningkatkan konsumen. Proses strategi ini dimulai
dengan membangun interaksi dan komunikasi produk melalui periklanan. Kegiatan
periklanan ini akan terus dievaluasi dengan melihat pengaruhnya terhadap brand
awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan
kembali suatu merek). Strategi ini akan dilakukan secara periodik dan kontinu.
4. Strategi Keuangan
Untuk melakukan perluasan
usaha, Laundry Clean N Clear Bagus ini akan menambah jumlah modal, dengan cara
melakukan pinjaman Bank maupun dari Investor. Pada saat melakukan rencana
pembangunan sebuah usaha yang baru, akan dilakukan analisis keuangan yang
berdasarkan kegiatan yang berkaitan di dalamnya. Analisis keuangan dilakukan
supaya usaha dapat dijalankan dengan terkontrol dan terencana.
2.10. PEMANFAATAN IT
Dalam persaingan bisnis yang
semakin keras dan ketat saat ini, IT memegang peranan penting dalam
pengembangan bisnis. Teknologi kini semakin marak diperbincangkan karena
diyakini dapat memberi keuntungan bersaing. Pemanfaatan IT dalam bisnis yaitu
untuk meningkatkan kualitas informasi, control kinerja dan peningkatan layanan
untuk memenangkan pasar. Dalam pengaplikasiannya, Laundry Clean N Clear Bagus
gencar memanfaatkan IT untuk berpromosi, baik itu via situs jejaring sosial
atau viablog.
Keunggulan bersaing ini dapat
dicapai melalui banyak cara misalnya,
harga terjangkau, kualitas terjamin, keramahan, kecepatan layanan, dan lain
sebagainya. Berkaitan dengan pemanfaatan IT dalam perusahaan, keunggulan
kompetitif mengacu pada penggunaan IT untuk meningkatkan kualitas informasi,
kontrol kinerja perusahaan, dan peningkatan layanan unuk memenangkan pasar. Ide
dasarnya adalah perusahaan menggunakan IT baik sebagai alat bantu maupun
strategi yang tangguh untuk mengintegrasikan dan mengolah data dengan cepat dan
akurat, serta untuk penciptaan produk layanan baru sebagai daya saing untuk
menghadapi kompetisi.
Pemanfaatan sistem teknologi
informasi memberikan tiga peran utama di dalam organisasi yaitu:
1. Meningkatkan efisiensi, yaitu
menggantikan manusia dengan teknologi diproses produksi.
2. Meningkatkan efektivitas, yaitu
menyediakan informasi bagi para manajer di organisasi untuk mendukung proses
pengambilan keputusan dengan lebih efektif yang didasarkan dengan informasi
yang akurat, tepat waktu, dan relevan sehingga mendapat hasil produksi yang
akurat dan bebas dari cacat produksi yang diinginkan.
3. Meningkatkan komunikasi, yaitu
mengintegrasikan penggunaan sistem teknologi informasi dengan menggunakan email
dan chat.
2.11. ANALISIS KEUANGAN
1. Sumber Pendanaan
Kebutuhan Pembiayaan/Modal
Investasi
Total modal yang
harus dikeluarkan untuk
awal memulai usaha
sebesar Rp. 16.744.000.
2. BEP (Break Even Point)
Break Even Point merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapa lama modal yang
dikeluarkan akan kembali.
Estimasi dalam 1 bulan
a.
Estimasi untuk jenis pakaian (berdasarkan hitungan kilogram)
Kuantitas
= 10 kg x 30 hari = 300 kg
Harga = 300 kg x Rp 6.000 (harga per kilogram) = Rp. 1.800.000
b. Estimasi untuk jenis non pakaian
Kuantitas = 2 pc tiap jenis
(16 jenis non pakaian) x harga pencucian
Asumsi :
(2 pc jas x Rp. 15.000) + (2 pc selimut
kecil x Rp. 10.000) + (2 pc bedcover besar x Rp. 23.000) + (2 pc x 13 jenis non
pakaian lainnya x harga pencuciannya
masing-masing)
Maka,
jumlah seluruh harga untuk jenis non pakaian sebesar Rp. 444.000
Jadi, Penjualan = Rp. 1.800.000 + Rp. 444.000
= Rp. 2.244.000
c.
Biaya Variabel
Biaya variabel merupakan biaya
yang bertambah, jika kuantitas penjualan atas suatu produk bertambah. Dalam
bisnis laundry, biaya variabel meliputi: Sabun deterjen, pewangi, tenaga kerja
langsung, pembungkusan, dll.
d.
Biaya tetap
Biaya tetap merupakan biaya
yang tetap dan tidak dipengaruhi dengan kuantitas penjualan dalam suatu produk.
Dalam bisnis laundry, biaya tetap meliputi: Peralatan, tenaga kerja tidak
langsung, perlengkapan, telepon, listrik, air,
promosi, sewa tempat, dll.
Berarti,
dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun Break Even Point akan dicapai, sehingga modal yang dikeluarkan akan
kembali.
e.
Proyeksi Arus Kas Selama 5 Tahun
Proyeksi Aliran Kas Usaha (
Berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 % / tahun
)
f.
ANALISIS RESIKO
Resiko yang dihadapi oleh Laundry Kiloan Clean N Clear Bagus beragam. Resiko ini sekaligus menjadi
hambatan dalam menjalankan bisnis laundry ini. Tidak jarang konsumen mengeluh
tentang pakaian mereka yang terkena noda. Beberapa
resiko yang dihadapi oleh Laundry Clean N Clear Bagus adalah:
1. Terkena luntur.
2. Pakaian yang tertukar dengan
konsumen lain.
3. Baju putih yang tidak keliatan
putih lagi (warnanya menjadi kusam).
4. Bau apek pada baju.
5. Keterlambatan proses laundry.
Cara Laundry Clean N Clear
Bagus dalam mengatasi resiko tersebut adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengatasi keluhan
konsumen tetang kelunturan baju, Laundry Clean N Clear Bagus mengambil langkah
dengan berusaha semaksimal mungkin untuk membersikan atau menghilangkan
kelunturan baju tersebut. Sebelumnya Laundry Clean N Clear Bagus telah
menetapkan aturan bahwa bila ada baju yang luntur harus diberi tahu, dan bila
tidak diberitahu saat terjadi kelunturan, maka bukan menjadi tanggung jawab
dari Laundry Clean N Clear Bagus lagi.
2. Untuk mengatasi keadan baju
konsumen yang tertukar, maka Laundry Clean N Clear Bagus memberikan tanda-tanda
berupa nama pada baju-baju konsumen dan bila ada permintaan langsung oleh
konsumen, Laundry Clean N Clear Bagus memisahkan pencucian pakaian berdasarkan
nama. Dan membedakan pakaian yang berwarna dan putih, sekaligus mendata pada awal pemasukan cucian.
3. Untuk mengatasi cucian yang
berwarna putih, biasanya Laundry Clean N Clear Bagus memisahkan cucian tersebut
dengan pakaian yang berwarna. Kemudian menambahkan pemutih, sehingga baju
tersebut tetap putih dan tidak berubah warna.
4. Bau apek yang terjadi pada
pakaian konsumen diatasi dengan memberikan pengharum, dan menjemur pakaian
dengan kering di bawah sinar matahari, sedangkan pada saat musim hujan, Laundry
Clean N Clear Bagus menggunakan mesin cuci sekaligus dengan mesin pengering.
Sehingga, tidak jarang karyawan dari Laundry Clean N Clear Bagus harus lembur
dan berusaha untuk memuaskan hati konsumennya.
5. Keterlambatan proses laundry
terutama terjadi pada saat musim hujan.
Selain itu, juga dipengaruhi
oleh jumlah laundry-an yang meningkat yang dapat menyebabkan keterlambatan. Hal
ini sangat mengecewakan konsumen. Untuk mengatasinya, Laundry Clean N Clear
Bagus berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi keterlambatan itu dengan
cara menggunakan mesin pengering
dan para karyawan
bekerja lembur pada malam
hari agar keesokan
harinya, pakaian itu
telah selesai dikeringkan.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada Bab terdahulu maka dalam
penyusunan rencana bisnis Laundry Clean N Clear Bagus ini, ada beberapa kesimpulan
yang dapat dikemukakan, yaitu:
1. Perencanaan bisnis Laundry Clean
N Clear Bagus memperhatikan beberapa aspek, yaitu aspek pasar, aspek produksi,
analisis SDM, rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan,
dan analisis resiko.
2. Berdasarkan hasil perhitungan
BEP (Break Even Point), maka dalam waktu 12 bulan, modal awal usaha sebesar Rp.
16.744.000 akan kembali.
3. Rencana arus kas dilakukan pada
awal tahun pertama. Setelah saldo kas akhir tahun pertama diketahui dari
rencana arus kas, kemudian dilakukan proyeksi laporan arus kas untuk 5 tahun ke
depan berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 %.
4. Berdasarkan hasil perhitungan
BEP (Break Even Point), rencana arus kas, laporan arus kas 5 tahun ke depan,
dan perincian biaya lainnya, maka perencanaan bisnis Laundry Clean N Clear Bagus ini layak untuk didirikan.
3.2. Tindak Lanjut
Dalam merencanakan bisnis Laundry Clean N Clear
Bagus ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Perlunya peningkatan motivasi
karyawan untuk lebih dapat bekerja seoptimal mungkin, sehingga dapat menghasilkan
jasa yang berkualitas dan dapat meningkatkan penjualan.
2. Berorientasi pada pemenuhan
kebutuhan konsumen secara personal, sehingga laundry ini memiliki komitmen yang
kuat untuk dapat memenuhi kebutuhan konsemen akan hasil cucian yang bersih, baik
dan cepat dengan cara cucian tiap konsumen tidak akan dicampur dengan konsumen
lain.
3. Harga yang terjangkau, karena
target market adalah mahasiswa, pelajar dan karyawan yang memiliki uang yang
terbatas, maka biaya pelayanan laundry ini dibuat agar terjangkau bagi mereka.
4. Pemilihan karyawan yang baik,
ulet dan bertanggung jawab akan sangat mendukung terhadap pengembangan usaha.
5. Promosi yang baik juga akan
menjadi kunci keberhasilan usaha ini.
6 Komentar
Artikel sagat membantu. Izin untuk menggunkannya sebagai referensi tugas kuliah. Terimakasih
BalasHapusijin copas untuk referensi tugas ya Kak, karena pembahasannya cukup lengkap. terimakasih...
BalasHapusAplikasi Kasir Laundry
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack
BalasHapusPROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.
MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!
? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
? Free Chips 1.500.000
? Free Chips 1.000.000
? Free Chips 250.000
SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI
DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3%
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
=> Bonus New Member 10%
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
• Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
• Pusat Bantuan ituDewa
Facebook : ituDewa Club
Line: ituDewa
WeChat : OfficialituDewa
Telp / WA : +85561809401
Livechat : ituDewa Livechat
Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
BalasHapusTerima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.
Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.
setrika uap laundry information that can help you
BalasHapus