Ticker

6/recent/ticker-posts

PROPOSAL TESIS

PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL,
FISIK DAN KEPRIBADIAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN 
PENANAMAN MODAL

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang Masalah
Hasil kerja pegawai dapat dilihat dari perkembangan kinerjanya, kinerja pegawai merupakan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan. Kinerja yang dihasilkan tersebut terbentuk bukan saja bersumber dari pendidikan formal, namun dalam praktek kerjanya dilapangan, kinerja terbentuk dari adanya berbagai latihan-latihan bagi pegawai operasional dan pendidikan-pendidikan bagi para pimpinan. Pengembangan operasional bertujuan untuk meningkatkan hasil secara efektif sedangkan pengembangan teknis bertujuan untuk meningkatkan konsep dan strategi dalam merencanakan dan mengembangkan potensi yang ada pada tingkat pimpinan. Untuk meningkatkan kinerja pegawai, maka pimpinan harus berusaha agar setiap bawahan dapat bekerja sama dengan segala kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaannya atau tugas yang dibebankan kepadanya.
Dalam konsep manajemen sumber daya manusia dijelaskan bahwa manusia harus digerakan, dipimpin, diharapkan dengan kesadaran tinggi bersedia memanfaatkan tenaga sepenuhnya agar memperoleh hasil yang memuaskan hal ini menggambarkan tentang produktivitas kerja yang tinggi, dimana kinerja merupakan suatu ukuran keberhasilan kemampuan pegawai dalam melaksanakan tugas yang menjadi kegiatannya.
Pegawai merupakan sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam menjalankan kegiatan organisasi. Oleh sebab itu organisasi harus memberikan perhatian secara maksimal pada pegawainya, baik perhatian dari segi kualitas pengetahuan dan keterampilan, maupun tingkat kesejahteraannya, sehingga pegawai yang bersangkutan dapat terdorong untuk memberikan segala kemampuan dan sikap yang loyal dan patuh dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Salah satu penilaian kinerja terhadap pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal sebagaimana yang telah terlaksana, mencerminkan kemampuan pegawai yang telah memahami apa yang menjadi tujuan, sasaran, dan harapan Pimpinan SKPD Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal mengharuskan pegawai selalu bertindak cepat, tepat, akurat yang didukung dengan keluwesan dan keramahan dalam bekerja terutama yang sifatnya pelayanan baik palayanan aparatur maupun pelayanan publik.
Persoalan yang akan muncul pada saat dihadapkan pada kinerja pegawai, yaitu model penilaian yang telah menjadi ketentuan pemerintah daerah sepertinya tidak dapat memenuhi tuntutan kondisi dan situasi di lingkungan kerja akan menyebabkan pegawai memiliki sikap dan perilaku yang dipaksakan untuk memenuhi peraturan organisasi. Selanjutnya, kreatifitas dan inisiatif pegawai untuk melakukan sesuatu yang menurutnya lebih baik akan hanya menjadi keinginan dan harapan yang tidak terlaksana karena terbebani dan terikat oleh kebijakan organisasi atau pendapat yang berbeda dengan atasan. Kemudian kemampuan intelektual juga sangat mempengaruhi kinerja pegawai, dimana kemampuan intelektual merupakan kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan mental.
Makin banyak tuntutan pemrosesan informasi dalam pekerjaan, makin banyak kecerdasan umum dan kemampuan verbal diperlukan untuk dapat melakukan pekerjaan itu dengan sukses, jadi kemampuan intelektual yang tinggi akan mendukung kinerja pegawai dengan baik. Kemudian kemampuan fisik juga harus ditingkatkan keberhasilan menuntut stamina, kecekatan, kekuatan tubuh dan stamina fisik lain secara luwes mampu mendukung tuntutan tugas yang juga banyak. Kepribadian yang ditunjukkan pegawai juga meunjukkan hasil kerja yang baik, kepribadian pegawai luwes, mampu bersepakat, mendengarkan kata hati, kemantapan emosional dan keterbukaan terhadap pengalaman akan mendukung pencapaian kinerja yang tinggi.
Masalah yang sering dihadapi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal berhubungan dengan kinerja diantaranya adalah pada hasil kerja pegawai terlihat masih ada yang mengalami penurunan, pencapaian atas target kerja kadang-kadang terlihat masih mengalami hambatan, standar kerja masih ada yang tidak sesuai dengan harapan.
Masalah yang dihadapi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal berhubungan dengan kemampuan dan kepribadian diantaranya adalah masih adanya hambatan dalam pemecahan masalah dalam bekerja, masih ada pegawai yang belum sepenuhnya mampu beradaptasi dengan kondisi kerja, masih ada ketrampilan pegawai yang berbeda dengan kebutuhan kerja dan masih terjadi pemakaian waktu luang dalam bekerja yang berlebihan.
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan dibidang perencanaan pembangunan dan penanaman modal di Kota Banjarbaru, dimana banyak pekerjaan yang dilakukan para pegawainya berkaitan dengan ketelitian, kejelian dan ketepatan dalam menghitung serta pelayanan yang baik terhadap SKPD lainnya maupun pelayanan lain baik dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat dan pihak-pihak lainnya. Sehingga kemampuan intelektual, fisik dan kepribadian sangat diperlukan untuk dapat mencapai kinerja yang sudah ditargetkan. Dengan pemahaman ini pimpinan dapat melaksanakan kepemimpinan untuk mencapai tujuan organisasi. Penurunan kemampuan dan kepribadian pegawai akan berdampak pada hasil kerja pegawai.
Berdasarkan telaahan tersebut di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang Optimalisasi Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal dalam pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi SKPD dengan judul : “Pengaruh Kemampuan Intelektual, Fisik dan Kepribadian Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal”.
1.2.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian yaitu bagaimana pengaruh kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai terhadap kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal, adalah sebagai berikut :
1.         Apakah variabel kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai ?
2.         Apakah variabel intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai ?
3.         Diantara variabel intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai?
1.3.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai terhadap kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal, yang dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui pengaruh simultan variabel-variabel kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai terhadap kinerja pegawai.
2.      Untuk mengetahui pengaruh parsial variabel-variabel kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai terhadap kinerja pegawai.
3.      Untuk mengidentifikasi variabel-variabel kemampuan intelektual, kemampuan fisik dan kepribadian pegawai mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai.
1.4.     Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat sebagai berikut :
1.         Aspek praktis, sebagai bahan masukan bagi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal dalam perumusan kebijakan tentang peningkatan kinerja pegawai.
2.         Aspek akademis, sebagai bahan yang menambah khasanah penelitian di Sekolah Program Pascasarjana Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin.
3.         Aspek bagi pengembangan ilmu pengetahuan, sebagai bahan yang menambah pengetahuan dan wawasan bagi peneliti dibidang ilmu manajemen sumber daya manusia, khususnya mengenai faktor-faktor yang terkait dengan kemampuan intelektual, kemampuan fisik, kepribadian pegawai dan kinerja pegawai.
4.         Bahan referensi ataupun acuan bagi peneliti selanjutnya terutama bagi peneliti yang berminat mengadakan penelitian dengan kajian yang sama dimasa yang akan datang.

Posting Komentar

0 Komentar