Ticker

6/recent/ticker-posts

Makin baik rencana Anda, akan membuat Anda makin siap untuk mencapai sasaran Anda



Sebelum penggali melakukan cangkulan pertama atau tukang kayu memukulkan palunya untuk pertama kali, si arsitek sudah dengan hati­-hati membuat perencanaan akurat dan lengkap melalui sesuatu yang disebut blue print. Para pilot dari perusahaan penerbangan mana pun, akan membuat suatu perencanaan pendahuluan perjalanan mereka di depan peta navigasi. Para navigator juga bekerja di depan peta yang sama sehingga nakhoda kapal bisa mengemudikan kapalnya menuju tujuan.
Perencanaan pendahuluan merupakan sesuatu yang esensial bagi kita dalam mencapai tujuan hidup, seperti yang dilakukanpara kontraktor ketika membangun gedung-gedung tinggi. Belumlah cukup hanya mengetahui ke mana kita pergi. Kita juga harus mengetahui bagaimana kita bisa tiba di sana. Hal ini melibatkan suatu persiapan yang hati-hati dalam perencanaannya. Sasaran hidup kita adalah tempat tujuan kita. Sebelum kita bisa berharap akan sampai di tempat tujuan, kita perlu merencanakan segala hal yang mungkin terjadi dalam perjalanan hidup itu. Sukses tidak `begitu saja terjadi'.
Begitu kita memutuskan sasaran hidup kita, maka tempat tujuan harus pasti dan jarang sekali berubah. Sedangkan rencana kita bisa saja berubah-ubah. Kalau seorang jenderal tak bisa mencapai sasarannya dengan suatu taktik, ia akan menggantinya dengan taktik lain supaya bisa mencapai sasaran. Begitu juga dengan sasaran kita, janganlah berubah, dan yang bisa berubah adalah rencana pencapaiannya. Seperti halnya si jenderal, kita juga memerlukan rencana cadangan yang bisa kita gunakan kalau diperlukan. 
Perencanaan akan meluruskan jalan dan menyingkirkan segala kebetulan. Kalau ada jalan pintas menuju sukses' maka hal itu adalah perencanaan yang tepat. Perencanaan semacam ini akan menghilangkan kebiasaan semerawut dan menunggu datangnya nasi baik atau kesempatan. Perencanaan tepat akan mengarahkan Anda langsung ke sasaran.

Posting Komentar

0 Komentar