Ticker

6/recent/ticker-posts

Agar anak panah bisa melaju kencang, tariklah busur sekuat-kuatnya



"Semua pertumbuhan tergantung pada tindakan," kata Calvin Coolidge. "Tak ada perkembangan fisik atau intelektual tanpa usaha dan usaha berarti kerja. Kerja bukanlah kutukan, melainkan suatu keistimewaan akal budi, satu ciri yang hanya terdapat pada manusia dan merupakan ukuran bagi peradaban."
Nasib baik tak akan mengangkat kita hingga ke puncak sukses dalam kehidupan. Kita hanya bisa mencapainya dengan usaha kita sendiri. Kita harus menggunakan cara kita sendiri untuk mencapai sasaran.
Kerja itu sendiri tidak menjamin seseorang bisa meraih sukses. Banyak sekali orang yang terus tekun bekerja tetapi tetap tak mencapai tujuannya. Bila kita merencanakan kerja kita dan mengatur usaha kita, barulah kita bisa mendapatkan yang semaksimal mungkin dengan usaha seminimal mungkin.
Kualitas kerja kita jauh lebih penting daripada kuantitas kerja. Kualitas kerja Anda adalah trademark Anda. Betapa pun dangkalnya, namun hal itulah yang bisa kita lakukan lebih baik daripada orang lain dalam rangka mencapai sukses. Kualitas hidup kita tergantung pada kualitas tugas yang kita kerjakan sehari-hari. "Tak peduli betapa pun rendah tampaknya pekerjaan Anda," kata Marden, "kerjakan dengan semangat seorang seniman, seorang maestro. Dengan cara ini Anda membuat pekerjaan itu menjadi tak biasa, sedang dengan cara lain Anda akan dibuat jenuh oleh pekerjaan itu."
Salah satu sebab dari begitu banyak kegagalan bisa dilihat pada sikap orang terhadap pekerjaan mereka. Mereka memandang pekerjaannya semata-mata sebagai alat pencari nafkah. Tugas yang kita pilih seharusnya menjadi pekerjaan yang kita cintai. Pekerjaan seharusnya memberi kesempatan kepada kita untuk tumbuh, kesempatan untuk menjadi orang yang lebih besar, lebih utuh, lebih lengkap. Pekerjaan selayaknya memungkinkan kita untuk mengembangkan rasa kemanusiaan kita. 
Pekerjaan seharusnya bisa mengangkat diri kita dan dalam beberapa hal membantu membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih layak untuk dihuni.

Posting Komentar

0 Komentar