Ticker

6/recent/ticker-posts

Perhatian cermat terhadap satu hal sering terbukti melebihi kejeniusan dan seni



Suatu kali saya bertanya kepada ahli keuangan terkenal, Bernard Baruch, tentang faktor yang menurutnya mempengaruhi sukses dan kegagalan pada masa ini. Tanpa keraguan ia memberi tekanan pada pemusatan perhatian terhadap tujuan. la merasa bahwa pada umumnya terlalu banyak orang yang mengobral tujuannya. "Mereka mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal dengan arah yang berbeda-beda," kata Mr. Baruch.
Kalau kita pelajari tentang sukses, maka satu cirinya yang menonjol adalah ketunggalan tujuan. "Ketunggalan tujuan adalah salah satu yang paling esensial dalam meraih sukses dalam hidup, tak peduli apa pun tujuan seseorang itu," ujar John D. Rockefeller, Jr. "Kuda terbaik tak bisa mengenakan dua pelana," kata pepatah Cina kuno.
Begitu sasaran hidup kita ditentukan dengan maksud mencapai sukses, kita perlu melakukan perjalanan lurus menuju ke tempat tujuan. Inilah yang disebut `pendekatan senapan' dalam kehidupan. Kita memusatkan pandangan terhadap satu sasaran tunggal dan kita membidik ke arah sasaran tersebut, apa pun bentuk sasarannya. "Pemusatan perhatian adalah rahasia kekuatan dalam politik, dalam perang, dalam perusahaan, pendeknya dalam semua bentuk manajemen dalam kehidupan manusia," kata Ralph Waldo Emerson.
Mr. Baruch prihatin terhadap banyaknya orang yang melakukan `pendekatan senapan mesin' dalam mencari hasil yang berharga. Mereka menghamburkan tembakan-tembakannya ke berbagai arah, di sembarang tempat, namun jauh dari sasaran. Orang Cina punya kata-kata mutiara lain bagi orang yang suka menghamburkan tenaganya, "Orang itu begitu banyak mengetahui tentang berbagai pekerjaan... keluarganya kelaparan." 
Orang-orang yang mengubah wajah dunia adalah orang-orang yang punya satu tujuan tunggal. Tak ada orang yang bisa melakukan sesuatu yang istimewa dalam zaman yang serba spesialisasi ini kalau bukan orang yang punya satu gagasan, tujuan tunggal yang utama, satu hasrat istimewa. Orang yang ingin mempunyai peran dalam planet ini harus mengarahkan senapan-senapannya ke satu titik.

Posting Komentar

0 Komentar