Ticker

6/recent/ticker-posts

Kalau ayunan bergerak ke depan, ia juga akan bergerak ke belakang



Hukum sebab-akibat mengatakan bahwa ganjaran yang kita peroleh dalam hidup ini akan selalu dalam proporsi tepat dengan sumbangan yang kita berikan.
"Berilah dan engkau akan menerima." Betapa sederhananya pernyataan itu, tetapi betapa jauh yang dapat dijangkau hukum tersebut! Kita perlu mencatat apa yang sebetulnya terkandung dalam kata-kata itu, bahwa apa yang kita berikan adalah yang diberikan kepada kita sebagai imbalan, bukan hanya karena pemberian kita dimaksudkan mencari tanggapan, melainkan untuk mencari tanggapan yang setimpal. Betapa entengnya dunia ini memberikan nilai pada ungkapan ini!
Alam benar-benar seimbang. Kita tak bisa mengganggu keseimbangannya, karena kita tahu bahwa hukum sebab-akibat adalah hukum alam yang tak bisa salah dan tak bisa ditolak; namun kita gagal untuk melihat keseimbangan kita sebagai bangsa dan sebagai individu; karena kita belum menyadari bahwa hukum yang sama juga berlaku tanpa bisa ditolak dalam kehidupan manusia dan dalam kehidupan bermasyarakat, seperti terjadi di alam -bahwa yang kita taburkan harus kita pungut.
Setiap tindakan dalam kehidupan kita seperti halnya benih- hasilnya sesuai dengan benihnya. Tak ada orang yang begitu naifnya dengan berpendapat bahwa dirinya bisa menipu alam. Jika ia menanam padi, ia tak berharap akan memetik kentang; ia tahu bahwa pohon zaitun tak akan menghasilkan buah ara dan pohon mawar tak akan menghasilkan bijih gandum. Namun begitu, tetap saja kita membayangkan bahwa diri kita cukup licik untuk bisa menipu diri kita sendiri. Kita berpikir bahwa kita bisa bertindak atau mengucapkan sesuatu dan begitu saja berlalu dan melupakannya, seolah-olah hal itu tak pernah terjadi. Tetapi betapa pun dangkalnya suatu tindakan dalam hidup, akan berlaku seperti benih yang menjadi kecambah dan tumbuh serta menghasilkan pengaruh-pengaruh yang menimbulkan akibat-akibat jauh. 
Kalau Anda menghadapi tugas sehari-hari Anda, lakukanlah dengan lebih baik daripada yang Anda terima. Jika tindakan untuk melakukan lebih baik ini kemudian memberikan minat yang lebih baik pada diri Anda, maka Anda akan bahagia bahwa Anda telah melakukannya.

Posting Komentar

0 Komentar