Ticker

6/recent/ticker-posts

PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI


MANAGEMEN PERUBAHAN
Tim Reformasi Birokrasi
Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokrasi unit kerja telah dibentukTelah membentuk Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokrasi unit kerja sesuai kebutuhan organisasi
Dokumen Kegiatan Rapat Pra Tim RB (Surat, Daftar Hadir, Notula dan Dokumentasi)
Keputusan Kepala Dinas Perhubungan  Kota Banjarbaru Nomor 150 Tahun 2021 Tentang Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru;
Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokrasi unit kerja telah melaksanakan tugas sesuai rencana kerjaSeluruh tugas telah dilaksanakan oleh Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokrasi unit kerja sesuai dengan rencana kerja
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Internal Tahun 2021
Kertas Kerja Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan Pelaksanaan RB
Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokras unit kerja telah melakukan monitoring dan evaluasi rencana kerja, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjutiSeluruh rencana kerja telah dimonitoring dan di evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti
Road Map Reformasi Birokrasi
Rencana Kerja Reformasi Unit Kerja telah disusun dan diformalkanRencana Kerja Reformasi Unit Kerja telah disusun dan diformalkan
Dokumen Kegiatan Rapat Penyusunan Road Map RB (Surat, Daftar Hadir, Notula, Dokumentasi dan Laporan)

Telah terdapat sosialisasi/internalisasi Road Map/Rencana Kerja Reformasi Birokrasi unit kerja kepada anggota organisasiSeluruh anggota organisasi telah mendapatkan sosialisasi dan internalisasi Rencana Kerja Reformasi Birokrasi
Laporan penyampaian hal-hal yang terkait dengan RBD pada saat apel pagi oleh Sekretaris selaku ketua RB Dishub
Surat (notadinas) ke seluruh satuan kerja.

Rencana Kerja Reformasi Birokrasi unit kerja selaras dengan Road MapRencana Kerja telah menyajikan prioritas perbaikan, target waktu, penanggungjawab, dan telah diformalkan serta telah selaras dengan Road Map


Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi
Pelaksanaan PMPRB dilakukan oleh Asesor sesuai dengan ketentuan yang berlakuTerdapat penunjukan keikutsertaan pejabat struktural lapis kedua sebagai asesor PMPRB dan yang bersangkutan terlibat sepenuhnya sejak tahap awal hingga akhir proses PMPRB
Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Nomor 121 Tahun 2021 Tentang Pembentukan Tim Asesor Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasidi Lingkungan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru;
Rencana Kerja Tim Asesor
Laporan penyampaian hal-hal yang terkait dengan RBD pada saat apel pagi oleh Sekretaris selaku ketua RB Dishub


Para asesor mencapai konsensus atas pengisian kertas kerja sebelum menetapkan nilai PMPRBMayoritas koordinator assessor mencapai konsensus dan seluruh kriteria dibahas
Rapat Penetapan Nilai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Reformasi Birokrasi


Rencana aksi tindak lanjut (RATL) telah dikomunikasikan dan dilaksanakanTerdapat Rencana Aksi dan Tindak Lanjut (RATL) yang telah dikomunikasikan dan dilaksanakan
Rencana Aksi Tindak Lanjut (RATL) telah disusun dan dikomunikasikan

Penanggungjawab RB internal unit kerja telah melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan rencana kerjaSeluruh rencana kerja telah dimonitoring dan di evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti
Tim Reformasi Birokrasi/Penanggung jawab Reformasi Birokras unit kerja telah melakukan monitoring dan evaluasi rencana kerja, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjutiLaporan Aksi Tindak Lanjut RB berdasarkan evaluasi, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti


Perubahan pola pikir dan budaya kinerja
Terdapat keterlibatan pimpinan unit kerja secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan reformasi birokrasiPimpinan unit kerja terlibat secara aktif dan berkelanjutan dalam seluruh pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Terdapat upaya untuk menggerakkan unit kerja dalam melakukan perubahan melalui pembentukan agent of change ataupun role modelTelah terdapat Agent of Change dan role model yang dibentuk secara formal dan telah memberikan kontribusi perubahan terhadap unit kerja
SK Penetapan Agen Perubahan
Dokumen Rencana Kerja Agen Perubahan Tahunan
Laporan Pelaksanaan Program/Kegiatan Agen Perubahan
Laporan Evaluasi Agen Perubahan

DEREGULASI KEBIJAKAN
Harmonisasi
Telah dilakukan identifikasi, analisis, dan pemetaan terhadap kebijakan yang tidak harmonis/sinkron/bersifat mengahmbat yang akan direvisi/dihapusTelah dilakukan identifikasi, analisis, dan pemetaan terhadap seluruh kebijakan yang tidak harmonis/sinkron/bersifat menghambat
Dokumen Hasil Identifikasi, analisis dan pemetaan Peraturan Perundang-undangan (Berisi Peraturan yang Berlaku, yang Tidak Berlaku, Harus Direvisi, akan Dicabut, dll)


Telah dilakukan revisi kebijakan yang tidak harmonis/tidak sinkron/bersifat menghambatRevisi atas kebijakan yang tidak harmonis/tidak sinkron/bersifat menghambat telah selesai dilakukan, atau tidak ditemukan adanya kebijakan yang tidak harmonis

PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI
Evaluasi Kelembagaan
Telah dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk menilai ketepatan fungsi dan ketepatan ukuran organisasiTelah dilakukan evaluasi untuk menilai ketepatan seluruh fungsi dan ukuran organisasi

Telah dilakukan evaluasi yang mengukur jenjang organisasiTelah dilakukan evaluasi yang mengukur seluruh jenjang organisasi

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan duplikasi fungsiTelah dilakukan evaluasi yang menganalisis seluruh kemungkinan duplikasi fungsi

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan adanya pejabat yang melapor kepada lebih dari seorang atasanTelah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan seluruh pejabat  melapor kepada lebih dari seorang atasan

Telah dilakukan evaluasi kesesuaian tugas dan fungsi dengan sasaran kinerja unit kerja di atasnyaTelah dilakukan evaluasi kesesuaian seluruh tugas dan fungsi dengan sasaran kinerja

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis rentang kendali terhadap struktur yang langsung berada di bawahnyaTelah disusun struktur organisasi yang mempunyai rentang kendali yang luas dengan jumlah struktur yang langsung dibawahnya

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kesesuaian struktur organisasi/unit kerja dengan kinerja yang akan dihasilkanTelah dilakukan evaluasi yang menganalisis kesesuaian seluruh struktur organisasi dengan kinerja yang akan dihasilkan

Telah dilakukan evaluasi atas kesesuaian struktur organisasi dengan mandat /kewenanganTelah dilakukan evaluasi  atas kesesuaian seluruh struktur organisasi dengan mandat

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan tumpang tindih fungsi dengan unit kerja lainTelah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan tumpang tindih seluruh fungsi

Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemampuan struktur organisasi untuk adaptif terhadap perubahan lingkungan strategisTelah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemampuan seluruh struktur organisasi untuk adaptif terhadap perubahan lingkungan strategis

Tindak Lanjut Evaluasi
Hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan mengajukan perubahan organisasiSeluruh hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan mengajukan perubahan organisasi

Hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan penyederhanaan birokrasiSeluruh hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan mengajukan penyederhanaan birokrasi

PENATAAN TATALAKSANA
Proses bisnis dan prosedur operasional tetap (SOP)
Telah disusun peta proses bisnis yang sesuai dengan pedoman penyusunan Peta Proses BisnisSeluruh peta proses bisnis telah disusun sesuai dengan pedoman penyusunan Peta Proses Bisnis Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah

Telah tersedia peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsiSeluruh peta proses bisnis telah sesuai dengan tugas dan fungsi

Telah disusun peta proses bisnis yang sesuai dengan dokumen rencana strategis dan rencana kerja organisasiSeluruh peta proses bisnis telah sesuai dengan dokumen rencana strategis dan rencana kerja organisasi

Telah memiliki peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsi dan selaras dengan Kinerja Organisasi secara berjenjangSetiap jenjang organisasi telah memiliki peta proses bisnis yang selaras dengan kinerja

Peta proses bisnis sudah dijabarkan ke dalam prosedur operasional tetap (SOP)Seluruh peta proses bisnis telah dijabarkan dalam SOP

Telah dilakukan penjabaran peta lintas fungsi (peta level n) ke dalam SOPTelah dilakukan penjabaran seluruh peta lintas fungsi (peta level n) ke dalam SOP

Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkanSeluruh Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

Peta proses bisnis dan Prosedur operasional telah dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasiTerdapat evaluasi terhadap efisiensi dan efektivitas peta proses bisnis dan SOP secara berkala dan seluruh hasilnya telah ditindaklanjuti

Telah dilakukan evaluasi terhadap peta proses bisnis yang sesuai dengan efektivitas hubungan kerja antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasiTelah dilakukan evaluasi terhadap seluruh peta proses bisnis yang sesuai dengan efektivitas hubungan kerja antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi

Keterbukaan Informasi Publik
Adanya kebijakan pimpinan tentang keterbukaan informasi publikTelah ada kebijakan pimpinan tentang keterbukaan informasi publik

Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publikMonitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik dilakukan secara berkala

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi
Perhitungan kebutuhan pegawai telah dilakukan sesuai kebutuhan unit kerjaPerhitungan kebutuhan pegawai telah dilakukan sesuai kebutuhan unit kerja

Analisis jabatan dan analisis beban kerja telah dilakukanAnalisis seluruh  jabatan dan  beban kerja telah dilakukan

Analisis jabatan dan analisis beban kerja telah sesuai kebutuhan unit kerja dan selaras dengan kinerja utamaAnalisis jabatan dan analisis beban kerja telah sesuai kinerja yang dihasilkan

Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
Telah diidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensiTelah diidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi kepada seluruh pegawai

Telah dilakukan pengembangan pegawai berbasis kompetensi sesuai dengan rencana  dan kebutuhan pengembangan kompetensiTelah dilakukan pengembangan berbasis kompetensi kepada seluruh pegawai sesuai dengan rencana  dan kebutuhan pengembangan kompetensi

Penetapan Kinerja Individu
Penerapan Penetapan kinerja individuPenerapan penetapan kinerja individu telah dilakukan terhadap seluruh pegawai
Terdapat penilaian kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi Seluruh penilaian kinerja individu terkait dengan kinerja organisasi
Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnyaSeluruh ukuran kinerja individu sesuai dengan indikator kinerja individu level diatasnya
Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodikPengukuran kinerja individu dilakukan secara bulanan
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas pencapaian kinerja individu.Telah dilakukan monev atas pencapaian kinerja individu secara bulanan
Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pengembangan karir individu/pemberian reward and punishment lainnyaSeluruh hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pengembangan karir individu/pemberian reward and punishment lainnya

Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku instansi telah ditetapkanSeluruh aturan disiplin/kode etik/kode perilaku instansi telah diimplementasikan

Adanya monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan aturan disiplin/kode etik/kode perilakuAdanya monev atas pelaksanaan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku  secara berkala

Pelaksanaan Evaluasi Jabatan
Unit kerja telah mengimplementasikan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ)Unit kerja telah mengimplementasikan SKJ  pada seluruh jabatan sesuai kebutuhan unit kerja
Unit kerja telah melaksanakan evaluasi jabatan  berdasarkan SKJEvaluasi jabatan telah dilaksanakan pada seluruh jabatan berdasarkan SKJ dan telah memberikan dampak pengembangan SDM

Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem informasi kepegawaian dapat diakses oleh pegawaiPegawai dapat mengakses sistem informasi kepegawaian

PENGUATAN AKUNTABILITAS
Keterlibatan pimpinan
Pimpinan unit kerja terlibat secara langsung pada saat penyusunan RenstraPimpinan unit kerja terlibat secara langsung pada seluruh penyusunan Renstra

Pimpinan unit kerja terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan KinerjaPimpinan unit kerja terlibat secara langsung pada seluruh penyusunan Penetapan Kinerja

Pimpinan unit kerja memantau pencapaian kinerja secara berkalaPimpinan unit kerja memantau seluruh pencapaian kinerja secara berkala
Pimpinan unit kerja telah memahami kinerja yang harus dicapai dalam jangka menengahPimpinan unit kerja memahami kinerja serta strategi pencapaiannya dalam jangka menengah
Pimpinan unit kerja memahami kinerja yang diperjanjikan di setiap tahunPimpinan unit kerja memahami kinerja yang harus dicapai setiap tahun
Pimpinan unit kerja memantau pencapaian kinerja secara berkalaPimpinan unit kerja menindaklanjuti hasil pemantauan rencana aksi secara berkala

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerjaTerdapat upaya peningkatan kapasitas seluruh SDM yang menangani akuntabilitas kinerja
Pemutakhiran data kinerja dilakukan secara berkalaPemutakhiran data kinerja dilakukan secara bulanan

PENGUATAN PENGAWASAN
Gratifikasi
Telah dilakukan public campaign Public campaign telah dilakukan secara berkala
Penanganan gratifikasi telah diimplementasikanUPG melaporkan secara berkala tentang praktek gratifikasi
Telah dilakukan evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasiTerdapat evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi
Hasil evaluasi atas penanganan gratifikasi telah ditindaklanjutiTerdapat laporan tindak lanjut

Penerapan SPIP
Telah mengidentifikasi lingkungan pengendalianUnit kerja telah mengidentifikasi seluruh lingkungan pengendalian

Telah dilakukan penilaian risiko unit kerjaUnit kerja telah menilai seluruh risiko

Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasiSeluruh risiko yang telah diidentifikasi telah diminimalisir melalui kegiatan pengendalian

Sistem Pengendalian Internal (SPI) telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkaitSPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkai

Telah dilakukan pemantauan pengendalian internSistem pengendalian intern dimonitoring dan evaluasi secara berkala

Unit kerja telah melakukan evaluasi atas Penerapan SPIMonitoring dan evaluasi telah dilakukan secara berkala serta memberikan perbaikan dalam penerapan SPI

Pengaduan Masyarakat
Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Seluruh hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti
Telah dilakukan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakatPenanganan pengaduan masyarakat dimonitoring dan evaluasi secara berkala
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Terdapat laporan hasil evaluasi atas tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat

Whistle Blowing System
Whistle Blowing System telah disosialisasikanWhistle blowing system disosialisasikan ke seluruh pegawai

Penanganan Benturan Kepentingan
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikanPenanganan Benturan Kepentingan telah disosialiasikan ke seluruh pegawai
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikanPenanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan KepentinganPenanganan Benturan Kepentingan dimonitoring dan evaluasi secara berkala
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjutiSeluruh Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

Pembangunan Zona Integritas
Telah dilakukan pencanangan Pembangunan zona integritas level unit kerjaTerdapat Dokumen penandatanganan pakta integritas
Telah dilakukan pembangunan zona integritasPembangunan zona integritas dilakukan secara intensif
Telah dilakukan evaluasi atas pembangunan zona integritasPembangunan zona integritas telah dimonitor dan evaluasi secara berkala

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Standar Pelayanan
Terdapat kebijakan standar pelayananTerdapat penetapan Standar Pelayanan terhadap seluruh jenis pelayanan, dan sesuai asas serta komponen standar pelayanan publik yang berlaku
Standar pelayanan telah dimaklumatkanStandar pelayanan telah dimaklumatkan pada seluruh jenis pelayanan dan dipublikasikan minimal di website
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayananDilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan dilakukan dengan melibatkan stakeholders (antara lain : tokoh masyarakat,  akademisi, dunia usaha, dan lembaga swadaya masyarakat), serta memanfaatkan masukan hasil SKM dan pengaduan masyarakat

Budaya Pelayanan Prima
Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan primaTelah dilakukan pelatihan/sosialisasi pelayanan prima, sehingga seluruh petugas/pelaksana layanan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan jenis layana
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Seluruh Informasi tentang pelayanan dapat diakses secara online (website/media sosial) dan terhubung dengan sistem informasi pelayanan publik nasional
Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayananTelah terdapat kebijakan pemberian penghargaan dan sanksi yang minimal memenuhi unsur penilaian: disiplin, kinerja, dan hasil penilaian pengguna layanan, dan telah diterapkan ke seluruh petugas/pelaksana layanan
Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standarTelah terdapat sistem pemberian kompensasi bila layanan tidak sesuai standar bagi penerima layanan di seluruh jenis layanan
Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasiApabila seluruh pelayanan sudah dilakukan secara terpadu dan sarana prasarana layanan memenuhi standar sarpras

Pengelolaan Pengaduan
Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayananTerdapat media konsultasi dan pengaduan secara offline dan online, tersedia petugas khusus yang menangani, dan terintegrasi dengan SP4N-LAPOR!
Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayananTerdapat unit pengelola khusus untuk konsultasi dan pengaduan, serta SK pengelola SP4N-LAPOR! di level Organisasi
Telah dilakukan tindak lanjut atas seluruh pengaduan pelayanan untuk perbaikan kualitas pelayananTelah dilakukan tindak lanjut atas seluruh pengaduan pelayanan  untuk perbaikan kualitas pelayanan
Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasiEvaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi dilakukan secara berkala

Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
Dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayananSurvei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dilakukan minimal 4 kali dalam setahun
Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbukaHasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara online (website, media sosial, dll) dan offline
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakatDilakukan tindak lanjut atas seluruh hasil survei kepuasan masyarakat

Pemanfaatan Teknologi Informasi
Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayananTerdapat pelayanan yang menggunakan teknologi informasi pada seluruh proses pemberian layanan
Telah dilakukan perbaikan secara terus menerusPerbaikan dilakukan secara terus-menerus

Posting Komentar

0 Komentar