Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagaimana kita bisa berharap untuk sampai, bila kita tak tahu ke mana kita pergi?






Ada yang mengatakan bahwa manusia mirip dengan ikan emas di dalam botol. Ikan emas berenang dan terus berenang, tetapi hanya berputar-putar di situ-situ juga. Kebanyakan orang kelihatan begitu sibuk, membanting tulang dan mengelana sepanjang hidup tanpa rencana atau tujuan.
Putuskan sekarang, apa yang Anda inginkan dari hidup. Jangan cepat puas dengan segala yang diberikan oleh hidup kepada Anda: Hidup tak pernah diciptakan sebagai permainan kesempatan. Sang Pencipta tak bermaksud untuk membuat karya masterpieceNya menjadi gelandangan tanpa tujuan.
Pilihan ada pada diri Anda. Anda bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan asal Anda membuat keputusan bagi diri Anda sendiri. Tak ada satu orang lain pun yang bisa melakukannya bagi Anda. Putuskan sekarang akan menjadi lelaki atau wanita yang bagaimanakah Anda di usia 60, atau 70, atau 80? Gambarkan pada pikiran Anda suatu citra orang mulia yang Anda inginkan dengan segala miliknya pada saat itu. Inilah sasaran jangka panjang Anda. Pikirkan terus-menerus tentang hal ini selama Anda menuju kepada pencapaian sasaran itu.
Tak ada seorang pun yang bisa sampai pada suatu keberuntungan dengan hanya mengambil satu langkah. Kita melakukan perjalanan panjang menuju tujuan yang kita kehendaki selangkah demi selangkah, tingkat demi tingkat. Karena itu, kita perlu menentukan sasaran jangka menengah yang tentunya terarah pada sasaran kita yang utama. Sasaran jangka pendek seharusnya ditentukan secara harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Semua tugas besar akan menjadi lebih mudah kalau dipecah-pecah menjadi bagian-bagian lebih kecil. Dan hal itulah yang kita lakukan ketika kita membagi-bagi sasaran jangka panjang kita menjadi sasaran-sasaran jangka pendek. Dengan menyelesaikan sasaran kecil, kita sebenarnya melangkah pada sesuatu yang lebih besar. "Hal terbesar dalam dunia ini tidaklah terdapat pada tempat kita berada," kata Oliver Wendell HoImes, "melainkan pada tempat yang kita tuju."

Posting Komentar

0 Komentar