Ticker

6/recent/ticker-posts

PROSAL PENGEMBANGAN USAHA RUMAH MAKAN



Rencana Bisnis PROSAL PENGEMBANGAN USAHA RUMAH MAKAN NASI UDU  
Oleh Rabiynet@gmail.com

I. Latar Belakang 
Pertumbuhan Kota Banjarbaru yang pesat memberikan berbagai macam pengaruh dan akibat bagi masyarakat sehingga melahirkan peluang peningkatan pendapatan serta pekerjaan bagi warga kota dan masyarakat disekitarnya seperti warga dari Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin. Peningkatan pendapatan warga Kota Banjarbaru juga dibarengi tren life style masyarakat yang cenderung konsumtif terutama bagi pelajar, mahasiswa dan para pekerja kantor. Salah satu perkembangan Kota Banjarbaru antara lain ditandai dengan tumbuh pesatnya berbagai macam bidang usaha jasa dan perdagangan salah satunya adalah di bidang usaha jasa kuliner. Budaya kuliner di Kota Banjarbaru kini mulai menunjukkan kemajuan. Berbagai macam jenis usaha jasa kuliner seperti warungkaki lima, rumah makan, kedai, dengan berbagai varian menu kian berkembang. Letak Kota Banjarbaru yang secara geografis berada dijalan perlintasan, perkembangan jumlah penduduk yang semakin padat dan dijadikannya Kota Banjarbaru menjadi Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan selain itu selera makan masyarakat juga ikut berpengaruh. Kebanyakan makanan yang digemari terdiri dari ikan dan hasil laut lainnya walaupun ada jenis makanan lain yang juga digemari antara lain daging sapi, kambing, ayam serta berbagai jenis unggas seperti bebek dan itik. Melihat peluang tersebut, kami berencana membuka usaha jasa kuliner yang menjual makanan khas “ NASI UDUK” dan makanan-makanan umum lainnya yang kami beri nama “WARUNG MAKAN IWAN” dengan pertimbangan bahwa belum adanya usaha serupa yang menjual jenis makanan yang spesifik namun beragam baik dari segi cita maupun rasanya di daerah/di sekitar tersebut.

II. PEMRAKARSA 
Dengan latar belakang diatas, maka saya merencanakan untuk membangun usaha ”WARUNG MAKAN IWAN” tersebut. Dimana usaha tersebut merupakan pengembangan usaha yang sudah ada. Sehingga saya cukup mengerti mengenai seluk beluk dan operasional usaha restoran tersebut. Lebih detail tentang rencana usaha tersebut dapat lebih lanjut proposal ini.

III. ASPEK HUKUM 
A. Nama Unit Usaha Restoran dengan menu khusus nasi uduk dan menu lain-lainnya kami diberi nama “WARUNG MAKAN IWAN” dengan kualits usaha jasa kuliner yang baik dan tidak diragukan lagi. 

B. Alasan Pemilihan Bisnis Masyarakat Kota Banjarbaru dan sekitarnya yang mayoritas terdiri dari pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran baik swasta maupun dipemerintahan memiliki kesibukan yang tinggi sehingga memerlukan tempat makan yang mudah dijangkau dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang bersaing. 

C. Legalitas Usaha Dari segi legalitas usaha, usaha ini ada beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal, agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar. Dikemudian hari, karena usaha kami ada dibeberapa badan hukum yang memiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah : 
  1. Badan hukum pengelolaan menjadi tanggung modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya dari masing jawab kami bersama. Untuk usaha ini, yang lami lakukan sifatnya merupan usaha bersama dengan -masing pemodal, dimana seluruh aktifitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab kami. 
  2. Tanda daftar perusahaan dan surat ijin usaha Usaha Restoran memiliki ijin dari dinas terkait Kota Banjarbaru. Restoran ini adalah usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus, serta berkedudukan diwilyah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan. 
  3. NPWP Sebagai usaha bisnis kami juga mendaftarkan NPWP atas aktifasi usaha kami ke departemen perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagi tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. 
  4. Bukti diri Restoran kami juga mempunyai bukti diri mengenai usaha dan keterangan yang berhubungan dengan Restoran ini. 

D. Analisis Aspek Lingkungan 
Sebagian besar masyarakat dilingkungan rencana bisnis beragama islam taat. Tingkat toleransi dengan agama lain dapat berjalan dengan baik. Tapi ada satu hal yang kurang mereka sadari, yaitu memelihara lingkungan. Salah satu contonya adalah dalam memilih ikan. Mereka kebanyakan menggunakan ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Padahal jika menggunakan ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi bisa mengurangi rasa yang kurang enak.

IV. ASPEK PEMASARAN 
A. Bahan Baku Ketersediaaan bahan baku cukup mudah didapat di pasar-pasar baik di Kota Banjarbaru sendiri maupun di pasar yang ada di Kota Martapura yang jaraknya cukup dekat untuk dijangkau. 
B. Operasional 
  1. Perusahaan ini beroperasi di daerah Kota Banjarbaru 
  2. Jumlah pekerja berjumlah 5 orang 
  3. Mempunyai luas area±5000m2 
Peluang : 
  1. Pangsa pasar yang masih luas 
  2. Bahan baku yang mudah di dapat 
  3. Pesaing besar relatif terbatas 

Faktor-faktor yang mempengaruhi : 
  1. Meningkatnya jumlah penduduk 
  2. Munculnya pesaing baru

C. Segmentasi, 
Targeting dan Positioning :
a. Segmentasi Dan yang menjadi target market adalah masyarakat yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan pekerja kantor baik swasta maupun yang ada dipemerintahan. 
b. Targeting Yang menjadi segmen dari Restoran kami yang terutamanya adalah masyarakat Kota Banjarbaru, Martapura dan Banjarmasin, ataupun masyarakat daerah lainnya pada umumnya. Yang senang dan suka menikmati enaknya khas nasi uduk hasil olahan kami. 
c. Positioning Kami ingin menempatkan imge atau cita rasa khas nasi uduk hasil olahan kami yang dibenak konsumen sebagai kuliner yang enak. Karena dibuat dari bahan olahan yang segar dan berkualitas, dengan rasanya yang gurih dengan harga yang pas. Dan siapapun yang mengkonsumsi khas nasi uduk hasil olahan kami, tidak akan menyesal. Karena rasanya yang enak dan gurih. 

D. Permintaan 
a. Perkembangan permintaan Permintaan khas nasi uduk hasil olahan kami semakin meningkat seiring dengan perkembangan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan yang bergiji yang begitu diperlukan bagi tubuh terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan yang bigitu tinggi. 
b. Prospek permintaan dimasa yang akan datang Membanjirnya berbagai produk makanan siap saji yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk-produk yang berbahan kimia. 

E. Penawaran 
Perkembangan penawaran disektor usaha khas nasi uduk hasil olahan kami mungkin masih terlihat relatif masih lemah, hal tersebut karena belum dikelola secara serius. Oleh karena itu agar usaha ini menjadi lebih baik, perlu ditingkatkan penawaran. 

F. Program Pemasaran 
a. Produk Produk khas nasi uduk hasil olahan kami yang disajikan sedemikian rupa, sehingga mengeluarkan cita rasa yang membuat peminatnya ingin mencoba lagi. Dan kami ingin selalu memberikan sesuatu yang berasal dari hati serta membagikan kebahagian kepada customer. 
b. Price (Harga) khas nasi uduk hasil olahan kami dengan rasanya yang enak dan gurih tapi dengan harga masih terjangkau, terutama untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. 
c. Place (Tempat) Lokasi yang strategis terletak dikeramaian pusat Kota Banjarbaru. Lokasi kami pun mudah dikunjngi. Kemungkinan pelanggan dari hari ke hari akan meningkat/bertambah. 
d. Promosi Kami melakukan promosi lewat media informasi kami, dengan sepanduk-sepanduk, poster-poster, pemasanga iklan, disurat kabar dan pemasangan iklan diradio-radio yang ada di Kota Banjarbaru.

V. KEPUTUSAN STRATEGI 
Melihat kondisi kami sebagai usaha yang baru akan didirikan dan akan bersaing dengan yang lama, maka kami memutuskan untuk menggunakan beberapa strategi untuk menjangkau segmen pasar yang menjadi target kami. Adapun Strategi yang akan digunakan yaitu : 
a. Strategi produk Strategi ini di pilih karena dari segi produk yang kami tawarkan, produk kami akan berbeda dengan yang ada dipasaran. Tidak hanya sekedar nasi uduk biasa tetapi dengan rasa yang unik sehingga enak untuk dikonsumsi baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. 
b. Strategi menghasilkan produk-produk baru Mencari terobosan baru dengan menghasilkan produk-produk baru yang mampu bersaing dengan produk yang telah beredar dipasaran. Kami menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan pelanggan yang ada serta mencari pelanggan yang baru, sehingga untuk menarik pelanggan.

VI. PENUTUP 
Khas nasi uduk hasil olahan kami mempunyai prospek pasar karena produk kuliner tersebut telah lama dikenal oleh sebagian masyarakat, karena cita rasanya yang enak, cara pengolahannya sederhana, mudah diolah menjadi olahan lain dan mempunyai segmentasi pasar sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar